RSS

Search Engine

28 Oct

Mencari dan menelusuri World Wide Web yang begitu luas sudah tentu harus didukung dengan layanan search engine ataupun portal yang handal, lalu apakah search engine dan portal itu.

Search Engine adalah suatu Web site yang menyediakan pelayanan untuk mencari informasi. Beberapa search engine memiliki pendekatan teknik searching yang berbeda. Beberapa search engine yang terkenal antara lain:

  • Yahoo, menyediakan tatanan informasi yang telah terkategori (www.yahoo.com)
  • Google, menyediakan suatu metode search engine dengan multi language serta pengelompokkan dalam pencarian informasinya (www.google.co.id)
  • Lycos, menyediakan suatu metode search engine yang memanfaatkan teknik fuzzy, sehingga bila tidak diketahui dengan pasti keywordnya, pencrian tetap dapat dilakukan. Misal untuk mencari Akhmad atau Ahkmad (www.lycos.com)
  • Altavista, merupakan search engine yang peling cepat (www.altavista.com)
  • Copernic 99, menggunakan beberapa search engine sekaligus, menyaring hasil rangkap dan menandai kata-kata yang dicari (www.coopernic.com)
  • Astalavista, merupakan search engine untuk mencari program-program crack suatu software pada komputer (www.astalavista.box.sk)
  • Softseek, merupakan search engine yang berfungsi untuk melakukan pencarian berbagai macam software baik yang freewre maupun shareware (www.softseek.com).
  • Searchindonesia, merupakan search engine yang ada di indinesia yang sangat baik untuk mencari informasi yang berkenan dengan indonesia, tetapi kuang memuaskan untuk pencarian informasi secara global (www.searchindonesia.com)

Untuk menggunakan Google:

–          Masukkan di Location http://www.google.com

–          Maka akan segera tampil halaman pertama. Tampak form yang dapat digunakan memasukkan keyword yang dipakai untuk searching

–          Untuk mulai melakukan search, keywod tersebut dimasukkan ke dalam form tersebut dan tombol GOOGLE SEARCH ditekan.

Disamping menyediakan fasilitas searching, google juga telah mengkategorikan informasi-informasi dalam kategori-kategori yang  memudahkan pencarian informasi. Untuk mencari informasi yang terkategori tersebut, dapat dilakukan tinggal memilih link GROUPS.

Hasil dari suatu pencarian akan menampilkan seperti:

  • Untuk mulai mencari suatu informasi, masukkan keyword ke form, http://www.google.com
  • Setelah tombol GOOGLE SEARCH ditekan maka akan ditampilkan sumber informasi yang memiliki kata kunci tersebut
  • Sumber yang memiliki nomor kecil adalah yang paling relevan dengan yang ingin dicari

Apabila ingin dilakukan pencarian yang lebih kompleks dapat digunakan pilihan ADVANCED SEARCH.

  • Dengan pilihan ini dapat digunakan hubungan logika antara kyword, misal: AND, OR, serta nilai ketepatan pencarian misal: EXACT, LOOSE dan sebagainya.

Hasil pencarian akan ditampilkan secara berurutan. Yang berada pada posisi teratas dari daftar hasil pencarian tersebut, adalah dokumen atau web Page yang paling relevan dengan keyword yang ddiberikan.

Masih banyak lagi search engine yang terdapat  di internet. Informasi dari setiap search engine belum tentu sama, untuk itu gunakanlah berbagai search engine untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kriteria yang anda butuhkan.

Contoh-contoh search engine yang lain adalah (www.infoseek.com). (www.msn.com), (www.hotbot.com), (www.googlecom), (www.catcha.co.id) dan masih banyak lagi.

Portal

Salah satu fasilitas yang ada di web yang bisa dimanfaatkan untuk mencari suatu informasi di internet adalah portal, baik portal maupun search engine, keduanya mempunyai kemiripan bahkan ada search engine yang juga berfungsi sebagai portal contohnya (www.astaga.com)

Lalu apakah portal itu sebenarnya. Portal adalah suatu layanan pada web yang juga mempunyai database yang sangat banyak mengenai informasi dan didalamnya terdapat berbagai macam berita-berita uptodate, atau bisa dikatakan portal itu mirip dengan media informasi yang pada umumnya kita gunakan, apakah berupa koran ataupun majalah dan lain-lain, yang didalamnya memuat berbagai macam informasi yang setiap saat dapat berubah, sesuai dengan ke aktualan berita tersebut. Mungkin dengan adanya portal ini maka bagi para pengguna internet dapat memanfaatkannya sebagai alternatif dari media cetak (koran) yang selama ini sering digunakan.

Beberapa portal yang terkenal antara lain:

  • Iklan baris, merupakan portal yang didalamnya menyediakan berbagai macam penawaran barang dan jasa, seperti komputer, handphone, automotive dan masih banyak lagi baik yang masih baru maupun yang bekas, penjualan software-software tertentu (www.iklanbaris.co.id)
  • Onklik, merupakan portal informasi didalamnya sangat aktual bahkan sampai mengenai alamat-alamat wartel di jabodetabek (www.onklik.com)
  • Astaga, juga merupakan portal yang berfungsi sebagai search engine (www.astaga.com)
  • Eramuslim, merupakan portal yang didalamnya terdapat berbagai macam bahasan mengenai keislaman (www.eramuslim.com)
  • Detik, merupakan salah satu portal yang berada di indonesia yang didalamnya memuat berbagai macam informasi yang aktual termasuk harga dollar dan kurs saham (www.detik.com). Dan lain-lain.

Cara Efektif Menggunakan Search Engine

Menggunakan search engine merupakan cara yang biasa diempuh untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan di world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunan search engine memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan (query) dengan cara yang kurang tept. Tips-tips berikut diharpkan dapat menuntun anda menggunakan search engine secara efektif untuk menemukan informasi yang dibutuhkan:

  1. Gunakan search engine yang tepat

Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo (www.yahoo.com) dan Google (www.google.com) merupakan pilihan yang paling terpercaya.

  1. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum

Bayangkan, berapa banyak hasil pencarian yang akan diperoleh apabila hanya memasukkan kata kunci (telescope) dalam mesin pencari. Akan berbeda hasilnya apabila hanya menggunakn kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.

  1. Masukkan keyword secara singkat namun jelas

Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci seperti Short biography of astronomer Edwin Hubble, akan mengeluarkan setumuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Dismaping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.

  1. Gunakan operator Boolean

Kata kunci ”AND”, ”OR”, ”NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu situs-situs yang lebih spesifik. Misalnya pada keyword Hubble AND biography NOT telescop akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antriksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian tersebut.

  1. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh

Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan ”Hubble Space telescope” akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya ”Hubble Space Telescope” AND launch.

  1. Manfaatkan Direktori

Beberapa search engine menyediakan fasilitas direktori yang menuju ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Search engine yang menggunakan direktori antara lain yahoo (www.yahoo.com) , Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal indonesia Catcha (www.catcha.co.id), Searchindonesia, Naver atau incari.

  1. Manfaatkan fitur khusus dari search engine anda

Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman radio. Sementara itu, search engine semacam MetaCrawler (www.metacrawler.com) mengirimkan perintah pencarian kebeberapa search engine sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajarifitur-fitur khusus pada search engine favorite anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.

  1. Gunakan fungsi ”Find” pada browser

Ketika search engine menampilkan halaman tertentu, belum tentu akan langsung ditemukan apa yang sebenarnya dicari. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang dilakukan membawa anda ke halaman apa dan siapa ,/astro/who.php. di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi ”find” [Ctrl+F) pada bowser anda dan ketikkan /Hubble/. Nah, kini and bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

Refrensi

Modul Lembaga Pengembangan Komputerisasi (LePKom) Gunadarma

 
Leave a comment

Posted by on October 28, 2011 in artikel saya :D

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: