RSS

Komunikasi diInternet

28 Oct

Internet telah merubah kehidupan banyak orang, termasuk merubah bagaimana cara orang-orang melakukan komunikasi. Misalnya e_mail, telah menggantikan peran surat melalui pos, yang jaman dulu sangat popular. Mengirim surat sekarang bisa dilakukan secara langsung dan diterima hanya beberapa detik setelah surat itu dikirim. Inilah kelebihan e_mail, surat melalui internet.Internet pada dasarnya adalah jaringan : satu kelompok komputer yang saling berhubungan sehingga semuanya dapat saling berbagi informasi.

Internet adalah jaringan terbesar di dunia dari banyak komputer yang saling terhubungkan secara elektronik.Kemajuan dalam teknologi komunikasi memungkinkan kerjasama dengan pihak lain dimanapun didunia ini. Komunikasi Internet meliputi telnet, internet telephony dan e_mail.Internet merupakan terobosan dalam komunikasi tertulis yaitu dengan e_mail yang mempunyai kemampuan pengiriman pesan dalam hitungan detik si penerima dapat menerima pesan yang dikirmkan kepadanya.

Interntet bukan hanya mempermudah cara berkomunukasi tertulis, namuan juga telah menjadi sumber informasi yang sangat lengkap. Ribuan atau bahkan jutaan informasi tersimpan didalamnya dan terakumulasi terus menerus untuk memenuhi kebutuhan orang terhadap informasi.

Komunikasi melalui media internet tidak hanya menguatkan sebuah hubungan, tapi juga memberi nilai tambah pada kecepatan dan bertambah luasnya cakupan komunikasi kita ke publik: terkadang juga bisa mencapai target publik yang bukan termasuk sasaran komunikasi.

Internet dan jejaring sosial dapat membangun hubungan dan komunikasi antarpersonal dengan banyak orang sekaligus. Kemampuan menjalin komunikasi melalui media internet seharusnya dilakukan secara maksimal oleh instansi, karena dapat berdampak positif bagi citra instansi tersebut. Publik terkait akan menilai bagaimana instansi dapat menjalin komunikasi dengan banyak pihak melalui media internet. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan program kehumasan melalui internet.

Langkah optimalisasi internet dan jejaring sosial untuk kehumasan dapat melewati batas penghalang dalam menyampaikan informasi dan langsung menyampaikan pesan-pesan tersebut kepada target publik. Seorang PR juga dapat memanfaatkan potensi-potensi besar media komunikasi melalui internet, seperti:

  1. Komunikasi konstan. Internet bagaikan satpam atau sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24/7 (24 jam x 7 hari) dengan potensi target publik seluruh dunia
  2. Respons yang cepat. Internet memungkinkan kita dapat merespons secara cepat dan serta-merta semua permasalahan dan pertanyaan dari para prospek dan pelanggan
  3. Pasar global. Internet telah menutup jurang pemisah geografis (kecuali psikologis) setelah kita terhubung ke dunia online. Kita dapat langsung berkomunikasi dengan pasar di Arab Saudi, investor di Swedia, dan mitra bisnis di California dengan biaya yang sangat minim
  4. Interaktif. Sangat interaktifnya internet membuat kita dapat memperoleh feedback dari pelanggan atau pengunjung situs web kita. Dengan demikian, kita bisa tahu keinginan mereka sehingga tidak perlu lagi menebak-nebak
  5. Komunikasi dua arah. Komunikasi antar organisasi kita dan publik merupakan tujuan utama aktivitas kehumasan melalui internet karena aktivitas ini akan membantu kita dalam membangun hubungan yang kuat dan saling bermanfaat yang tidak dapat dilakukan langsung oleh media offline
  6. Hemat. PR dalam dunia fisik dianggap lebih dapat mempengaruhi tanggapan dan respon pasar. Pengeluarannya pun lebih hemat dibanding pengeluaran iklan. Kehumasan melalui internet dapat membuat organisasi menjadi lebih hemat mengingat langkah ini tidak membutuhkan stationery atau biaya cetak. Semakin murahnya biaya internet akan membuat biaya kehumasan melalui internet menjadi semakin terjangkau.

Kurangnya komunikasi dari sebuah organisasi adalah potensi masalah yang serius karena mungkin di luar sana terdapat beberapa, sumber informasi alternatif yang siap diakses, tapi tidak semuanya mungkin dapat dipercaya. Tidak menyediakan informasi yang lengkap dapat dianggap suatu tindakan merahasiakan sesuatu dan dapat menciptakan isu di sekitar publik terkait.

Refrensi

  1. http://modul-kkpi-nasional.blogspot.com/2009/05/komunikasi-melalui-internet.html
  2. http://spidolbekas.wordpress.com/2011/07/31/komunikasi-dan-internet/
 
Leave a comment

Posted by on October 28, 2011 in artikel saya :D

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: