RSS

E-Commerce

28 Oct

E-Commerce

Pada saat ini yang sedang marak pada dunia internet adalah e-commerce. Apa sih e-commerce itu? Dari namanya bisa dilihat yaitu Electronic Commerce (perdagangan elektronik). E-commerce bukanlah suatu protokol atau aplikasi pada internet tapi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di internet, yaitu kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan, mulai dari pemasaran, penjualan, promosi, transfer uang, dan sebagainya.

Ribuan perusahaan muncul untuk melakukan perdagangan melalui internet. Mengapa? Jawabannya adalah peluang pasar. Menurut The Economist Killen (USA), jumlah transaksi yang dilakukan melalui internet pada saat ini diperkirakan mencapai US $200 Billion. Bisa dibayangkan potensi pasar yang besar di internet. Mulai dari Internet Banking, Online Bookstore dan lain-lain. Hampir semua kegiatan yang ada pada dunia nyata ada di internet.

Namun dalam melakukan transaksi di internet yang harus diperhatikan adalah masalah keamanan. Pada saat ini dalam melakukan transaksi metode yang digunakan yaitu menggunakan kartu kredit. Banyak kasus yang terjadi dengan metode pembayaran ini dimana pihak-pihak lain dapat memakai kartu kredit seseorang apabila sudah mengetahui nomor dan informasi lain tentang kartu kredit yang akan dipergunakan. Saat ini sedang dikembangkan metode pembayaran yang lebih aman sehingga dalam melakukan transaksi tidak ada pihak yang dirugikan.

Macam-macam aplikasi E-Commerce

Macam-Macam Aplikasi E-Commerce :

  • Internet Bookshops
  • Grocery Suplies
  • Internet Banking

Gambar Transaksi E-Commerce

  • E-Business

Jika kita membahas tentang E-Business, tidak akan jauh dari E-Commerce yang telah kita bahas sebelumnya, karena E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, ditinjau dari bahasan dan pengertian keduanya adalah terdapat kesamaan dalam hal penggunaan teknologi informasi dalam hal ini adalah INTERNET. E-Business adalah  teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.

Sebagai contoh adalah Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam

Refrensi.

 
Leave a comment

Posted by on October 28, 2011 in artikel saya :D

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: