RSS

Hobby

01 Apr

Kartika Pradita Andriani (13510847) 1PA01

Pengembangan Kreativitas dan Keberbakatan

1.       Bebutkan / ceritakan pengalaman kreatif anda

  • Dulu saya pernah mengikuti sebuah lomba kreatifitas dari buah-buahan dan sayuran. Saya membuat sebuah vas bunga yang terbuat dari buah melon yang diukir menggunakan pisau, dengan menggunakan batang tanaman dengan kacang panjang dan bunga terbuat dari wortel dan lobak, saya memberikan warna pada bunga dengan menggunakan sepuhan/pewarna makanan. Dan saya mendapatkan juara pertama.
  • Saya mempunyai pajangan yang terbuat dari tanah liat tetapi tidak memiliki warna, yang kemudian saya mencoba melukiskan banyak gambar menggunakan cat minyak. Dan hasilnya, pajangan tersebut lebih terlihat menarik dan indah untuk menjadi pajangan dikamar saya.

 

2.      Bakat apa sajakah yg anda miliki

  • Bermain music (saya bisa memainkan alat musik: keyboard, bass, gitar,drum)
  • Menyanyi
  • Olah raga (renang, volley, basket)

 

3.      bagaimanakah cara anda mengembangkan bakat yang ada? adakah yang sudah dilakukan? sebutkan jika belum, hal apa sajakah yang kira-kira dapat dilakukan dalam mengembangkan bakat anda?

Cara saya mengembangkan bakat saya adalah berlatih, mengikuti les dan memiliki komunitas yang memiliki bakat yang sama dengan saya. Saya mempunyai group band, berlatih dan tampil setiap seminggu sekali.

 

 

4.      sebutkan tahapan kebutuhan yg maslow jelaskan dan berikan masing2 contohnya

1. Kebutuhan fisiologis

Pada dasarnya, manusia harus memenuhi kebutuhan fisiologisnya untuk dapat bertahan hidup. Pada hirarki yang paling bawah ini, manusia harus memenuhi kebutuhan makanan, tidur, minum, seks, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan fisik badan. Bila kebutuhan dasar ini belum terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan untuk berfungsi secara normal. Misalnya, seseorang mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan, sehingga ia menderita kelaparan, maka ia tidak akan mungkin mampu untuk memikirkan kebutuhan akan keamanannya ataupun kebutuhan aktualisasi diri. Logika sederhananya: bagaimana seseorang dapat memikirkan prestasi atau aktualisasi diri, bila dirinya terus menerus dihantui rasa ketakutan akan kelaparan?

2. Kebutuhan Keamanan (safety)

Pada hirarki tingkat kedua, manusia membutuhkan rasa keamanan dalam dirinya. Baik keamanan secara harfiah (keamanan dari perampok, orang jahat, dan lain-lain), maupun keamanan secara finansial ataupun hal lainnya. Dengan memenuhi kebutuhan keamanan tersebut, dapat dipastikan bahwa kebutuhan manusia dapat berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu kebutuhan kasih sayang dan sosial.

3. Kebutuhan kasih sayang / sosial (Love/belonging)

Setelah memenuhi 2 kebutuhan yang bersifat individu, kini manusia menapaki kebutuhan untuk diterima secara sosial. Emosi menjadi “pemain” utama dalam hirarki ketiga ini. Perasaan menyenangkan yang dimiliki pada saat kita memiliki sahabat, seseorang untuk berbagi cerita, hubungan dekat dengan keluarga adalah tujuan utama dari memenuhi kebutuhan sosial ini.

4. Kebutuhan Percaya Diri (Esteem)

Semua orang pasti ingin dihormati dan ingin merasa berguna bagi orang lain. Kebutuhan semacam ini tertuang pada hirarki pada tahap keempat dalam piramid Abraham Maslow. Kebutuhan untuk percaya diri ini biasanya muncul setelah ketiga kebutuhan yang lebih mendasar sudah terpenuhi, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa kebutuhan semacam ini dapat muncul tanpa harus memenuhi ketiga kebutuhan yang lebih mendasar.

5. Kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization)

Umumnya, kebutuhan ini akan muncul bila seseorang merasa seluruh kebutuhan mendasarnya sudah terpenuhi. Pada hirarki ini, biasanya seseorang akan berhadapan dengan ambisi untuk menjadi seseorang memiliki kemampuan lebih. Seperti mengaktualisasikan diri untuk menjadi seorang ahli dalam bidang ilmu tertentu, atau hasrat untuk mengetahui serta memenuhi ketertarikannya akan suatu hal.

 
Leave a comment

Posted by on April 1, 2011 in pelajaran

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: