RSS

RIVIEW JURNAL

22 Feb

Jurnal yang di Riview: “Jurnal Pendidikan Penabur- No.09/Tahun ke-6/Desember 2007 Kemampuan Berbahasa Inggris Anak
dengan Pembelajaran Bilingual”

Latar belakang dan Tujuan penulis

Latar belakang Penulis melakukan penelitian dan mengungkapkan tentang pentingnya menguasai bahasa asing adalah karena, dewasa ini setiap individu dituntut untuk mampu menguasai lebih dari satu bahasa, terutama bahasa inggris. Bahasa Inggris yang dianggap sebagai bahasa Internasional, cukup penting dipelajari untuk memasuki era globalisasi, dan penerapan ini dapat dimulai dari pendidikan terendah, yaitu Taman Kanak Kanak.

Dalam jurnal ini penulis juga ingin mengungkapkan bagaimana individu dipersiapkan untu menghadapi era globalisasi.  Anak yang memiliki kemampuan bilingual mempunyai kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda bangsa dan etnis dalam ruang lingkup yang lebih luas dan bervariasi dibanding anak yang monolingual. Disamping itu berjalan dengan sistem perilaku dan budaya yang berbeda dengan mengenal bahasa, anak dapat mengenal budaya dari bahasa tersebut, juga menumbuhkan sikap toleransi anak terhadap orang lain yang memiliki budaya berbeda.

 

Metode yang digunakan:

Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling Proportional Stratified Random Sampling yaitu mengambil sampel secara proporsi seimbang dari tiap kelas Kelompok Bermain.

sebanyak 92 orang untuk data penelitian (hari Sabtu tanggal 25 Maret 2006, di TKK 6 BPK PENABUR) adalah ibu dari anak-anak Kelompok Bermain TK PENABUR, dengan latar belakang pendidikan, terdiri dari lulusan pendidikan SLTA sampai dengan S2.

Variabel dalam penelitian ini adalah pendapat para ibu terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak dengan pembelajaran bilingual.

Umpan balik yang diberikan para ibu itu mencakup kemampuan komunikasi anak berbahasa Inggris, kemampuan mengenal budaya, perkembangan kognitif, perkembangkan kepribadian, peningkatkan prestasi pendidikan.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan pengukuran terhadap keberadaan suatu variable dengan menggunakan instrumen penelitian, kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk menggambarkan dan mengklasifikasikan fakta atau karakteristik dari fenomena yang diteliti secara faktual dan cermat.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilaian dari Linkert, dengan menggunakan lima alternatif jawaban yang dapat dipilih oleh responden. Dengan memberikan 60 pernyataan yang meliputi komponen berdasarkan manfaat dari bilingual.

 

Kelebihan Jurnal

Kelebihan dari jurnal ini adalah peneliti memahami betul, bagaimana harus memulai penelitian tentag kemampuan bilingual seseorang, yaitu dengan memulai dari usia kanak-kanak yang berada pada masa Taman Kanak-kanak. Jurnal ini tidak hanya meneliti perkembangan anak di sekolah, tetapi juga perkembangan anak di rumah dengan cara mewawancarai sang ibu . Dengan mengambil sampel dari 92 ibu . kenapa di dalam jurnal ini, peneliti memilih sang ibu untuk diwawancarai? karena dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan sang ibu.

 

Kekurangan Jurnal

Kekurangan dari jurnal ini adalah peneliti hanya melakukan wawancara dengan ibu dari anak-anak tanpa menyertai kesertaan seorang ayah. Karena, di rumah, anak tidak hanya berkomunikasi dengan ibu, tetapi dengan ayah mereka juga. walaupun memang sebagian besar kehidupan anak lebih sering bersama ibunya .

 

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar yaitu 72,82 % dari sampel ibu yang diwawamcarai menyatakan bahwa, kemampuan anak dalam berbahasa inggris dengan pembelajaran bilingual sangat baik. Tidak hanya kemampuan dalam berbahasa tetapi dari segi peningkatan prestasi belajar, perkembangan kepribadian, kemampuan berkomunikasi dan mengenal budaya pun juga sangat baik. Ini menunjukkan bahwa memang benar bahwa pembelajaran secara bilingual yang di mulai pada masa kanak-kanak banyak memberi pengaruh yang baik bagi anak .

 

Kesimpulan

Pembelajaran bilingual yang dimulai dari anak-anak akan mengalami peningkatan:

1.      Berkomunikasi dalam bahasa Inggris, anak juga dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan orangtua, guru, sanak keluarga lain, dan native speaker,

2.      Kemampuan mengenal budaya cukup baik. Anak dapat menyanyikan lagu kanak-kanak baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, mengucap syair, dan mengerti film kartun dalam bahasa Inggris

3.      Kemampuan anak mengerti dan berbicara secara langsung dengan bahasa Inggris cukup baik dan cukup kritis bila ada yang ditanyakan,

4.      Perkembangan kepribadian yang sangat baik terhadap anaknya. Mereka memiliki rasa percaya diri, mandiri dan memiliki keberanian saat berbicara dengan guru kelas dan native speaker.

5.      Anak dapat mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris, dan memperoleh kata-kata baru untuk kata yang sama dalam bahasa Indonesia.

 

Tugas kelompok:

Psikologi Pendidikan

  1. Kartika
  2. Corry
  3. Shelli

 

Web Jurnal: http:

http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.1-12%20Kemampuan%20Berbahasa%20Anak.pdf

 
Leave a comment

Posted by on February 22, 2011 in pelajaran

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: