RSS

TIPS MENJADI KONSELER :D sederhana…

07 Nov

Sering jadi tempat curhat temen-temen disekitar kamu😀 ????

nahh,… disini saya cuma ingin memberikan beberapa tips utk jadi konseler yang baik. setelah saya membaca buku yang berjudul,  “KONSELING (Suatu pendekatan pemecahan masalah, penulisnya: ANTHONY YEO), Menarik untuk membuat kesimpulan dari buku ini dan berbagi ilmu kepada anda…

kita mulai yaaa…. kalau mau dicatet atau dicopy juga bolehh!!

BEBERAPA TIPS MENJADI “KONSELER”:

1. Sebagai konseler, sebaiknya kita tidak hanya berurusan dengan masalah-masalah klien kita, tapi lebih-lebih menyangkut usaha memberikan perhatian yang memadai pada klien. (contohnya: memberikan klien kesempatan untuk, berbicara dan mengeluarkan isi hatinya, tanpa kita batasi).

2. Bantu klien kita untuk memusatkan perhatiannya pada masalah-masalah dan membantu untuk mencari pemecahan masalah tersebut.

3. Sebisa mungkin… hindari perhatian berlebihan sama masa lalunya. karena, masa lalu tidak dapat diubah lagi dan masa lalu tidak dengan otomatis akan mengubah/menyelesaikan masalahnya. Malahan, terkadang klien bisa berpandangan bahwa masalah yang ada saat itu adalah karena kesalahan dimasa lampaunya.

4. Membantu klien kita untuk mengarahkannya untuk menghadapi masa depannya. berikan nasehat agar klien bertanggung jawab atas kehidupannya sekarang ini. Karena, hanya akan membuang-buang waktu sia-sia demi memikirkan masa lalu yang bukan miliknya atau menyakiti hatinya, padahal ia masih harus hidup sampai saat ini.

5. Kumpulkan informasi yang berkaitan dengan masalah klien kita, bisa lewat keluarganya atau teman-teman terdekatnya. Abaikan informasi yang keliatannya tidak ada kaitannya dengan masalah klien.

6. Mencari “Apa yang baik dalam apa yang buruk”. Jangan memberi lebel (bersifat negatif) pada seseorang, karena sering kali perubahan cukup mudah terjadi. Kalaupun kita mau memberi/menggunakan lebel diagnostik, harus digunakan secara rahasia, dan klien tidak perlu mengetahuinya diagnostik lebelnya. beri tahu saja kepada klien, bahwa ia dapat ditolong untuk menghadapi masalah apapun yang sedang ia hadapi.

Sebagai konseler, kita harus menyadari bahwa, mereka harus berurusan dengan klien (khususnya situasi keluarga) dengan menemukan perhatian, cinta dan harapan yang ada dalam keluarga itu, bukannya berusaha menemukan masalah atau konflik-konfliknya.

Tugas kita sebagai konseler, untuk melihat sesuatu yang baik dalam pengalaman ini. misalnya: kenyataannya dia masih memiliki kekuatan untuk membicarakan hal itu dan mempertahankan keteguhannya untuk melangkah maju dalam kehidupannya.

7. Melihat masalah sebagai hal yang wajar
disini, kita sebagai konseler harus belajar untuk menafsirkan masalah-masalah sebagai sesuatu yang wajar. karena jika ia bertemu dengan hal yang sama, ia tidak akan kewalahan lagi. sebaliknya, ia akan dapat menanggapi klien dengan membantu mereka untuk melihat masalahnya dengan cara yang sama juga.

seorang wanita yang memandang dirinya sendiri gila karena marah sekali terhadap hubungan suaminya dengan wanita lain, konseler bisa mengatakan, “Menurut saya wajar jika anda merasa sedemikian marah. Tidak mudah untuk bersikap sebaliknya jika orang menghadapi satu situasi yang sangat menyakitkan seperti itu.”

Melihat masalah sebgai sesuatu hal yang wajar mau tidak mau akan mengurangi tingkat keparahannya. kita mengalami masalah-masalah itu secara serius. tetapi kita menerimanya dan melihatnya secara realistis dan positif.

 

Memang tidak banyak tips yang saya berikan. Tetapi setidaknya, sedikit membukakan pikiran kita untuk menjadi seorang konseler yang baik.

 

Selamat Mencoba….

Tunggu lanjutannya yaaa🙂

 

God Bless You

 

 
1 Comment

Posted by on November 7, 2010 in artikel saya :D

 

One response to “TIPS MENJADI KONSELER :D sederhana…

  1. Wakamao

    November 8, 2010 at 9:01 am

    bagus lho….

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: