RSS

DEFINISI PSIKOLOGI MENURUT AHLI

23 Oct

Richard Mayer (1981)

Psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

Alasan saya memilih defenisi psikologi menurut Richard Mayer:

Karena, psikologi adalah ilmu yang mempelajari atau memahami perilaku manusia, yang tidak  hanya sekedar memahami perilaku manusia tetapi harus memiliki cara yang sistematis (melibatkan proses mental dan struktur daya ingat) untuk kita dapat mendalami dan memahami  betul perilaku manusia dengan bukti-bukti yang kuat dan akurat.

 

Crow & Crow

Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

Alasan saya memilih defenisi psikologi menurut Crow&Crow:

Saya merasa sangat tertarik dengan ungkapan Crow&Crow karena, psikologi sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam interaksinya dengan dunia disekitarnya.

Yang disebut sebagai dunia sekitarnya, tidak hanya kepada makhluk hidup lainnya (hewan dan tumbuhan), tetapi juga kepada iklim, kebudayaan dan sebagainya. Crow&Crow mengungkapkan bahwa manusia hidup tidak hanya berinteraksi terhadap sesama makhluk hidup, tetapi  juga kepada situasi yang ada disekelilingnya, baik itu makhluk hidup maupun benda mati. Karena, disinilah akan terbentuk tingkah laku manusia yang beragam sesuai dengan pola kebudayaan, iklim dan sebagainya.

Bruno (1987)

Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “roh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

Alasan saya memilih defenisi psikologi menurut Bruno:

Karena, Bruno mampu mendefinisikan psikologi secara mendalam, tidak hanya dari hal-hal yang kelihatan (tingkah laku), tetapi juga terhadap kehidupan mental dan rohani seseorang. Karena dalam kenyataannya  manusia yang terdiri dari: tubuh, jiwa dan roh dan hal ini tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan dalam kehidupan.

 

http://cybercounselingstain.bigforumpro.com/psikologi-umum-f7/definisi-psikologi-menurut-para-ahli-t36.htm

NMP: 13510847

 
Leave a comment

Posted by on October 23, 2010 in pelajaran

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: